Kamis, 29 September 2016

Tulang Rusuk Pria

Benarkah Tulang Rusuk Pria Kurang Satu Dibandingkan Wanita 

Sering kita mendengar istilah atau sebut saja ungkapan yang mengatakan bahwa, "Wanita diciptakan dari tulang rusuk pria". Sehingga ada yang menyimpulkan bahwa tulang rusuk pria jumlahnya kurang satu jika dibandingkan dengan tulang rusuk wanita. Benarkah demikian ?


Menurut ilmu anatomi tubuh manusia, tulang rusuk atau iga manusia jumlahnya 24 buah (12 pasang) baik pria maupun wanita (lihat gambar). Hal ini pertama kali dikemukakan oleh "vesalius" pada tahun 1543. Dari 12 pasang tersebut, 7 tulang rusuk termasuk tulang rusuk sejati karena menempel langsung dengan tulang taju pedang (sternum). Sedangkan yang 5 tulang rusuk sisanya disebut sebagai tulang rusuk palsu karena tidak menempel langsung dengan tulang taju pedang. Dari 5 tulang rusuk palsu tersebut ada 2 tulang rusuk yang disebut tulang rusuk mengambang karena tidak menempel ke tulang dada bagian depan dan hanya menempel di tulang punggung.

Jadi, kesimpulannya adalah secara keilmuan tidak adanya bukti yang menegaskan bahwa tulang rusuk pria kurang satu jika dibandingkan wanita. Tulang rusuk pria dan wanita jumlahnya sama. Mungkin hal demikian adalah suatu kiasan atau ungkapan, yang mempunyai makna tertentu.

sumber : http://www.caramengatasi.net/2014/11/benarkah-tulang-rusuk-pria-kurang-satu.html

 

0 komentar:

Posting Komentar